Kamis, 10 September 2015

10 Manfaat Konsumsi Daging-Ayam Bagi Kesehatan

10 Manfaat Konsumsi Daging Ayam Bagi Kesehatan Tubuh Kita

apa manfaat mengkonsumsi daging ayam bu ranti?, Manfaat konsumsi daging ayam kampung, Konsumsi daging ayam banyak mengandung zat vitmin dan protein.
Ayam Goreng Ingkung
Dalam pemenuhan gizi 4 sehat 5 sempurna, untuk memenuhi protein hewani salah satunya mengkonsumsi daging ayam. aging ayam merupakan bahan lauk makanan yang mudah didapat di seluruh kota dan desa di Indonesia, disamping itu daging ayam dapat diolah menjadi banyak variasi olahan masakan bisa igoreng, di opor, diungkep. Ada banyak olahan khas daerah dari daging ayam ini, seperti ayam betutu, ayam ungkep samarinda, Ayam Ingkung ala Bu Ranti dll.

Hampir semua bagian tubuh ayam dapat konsumsi manusia kecuali bulunya, dari ceker, jeroan, daging sampai telurnya bisa dikonsumsi. Daging ayam banyak manfaatnya bagi yang mengkonsumsinya, banyak zat, proetein dan vitamin yang terkandung pada seekor ayam. Disamping dagingnya terasa enak empuk dan dapat diolah untuk segala jenis masakan serta mudah didapat, sehingga daging ayam banyak dikonsumsi oleh hampir semua lapisan penduduk Indonesia.

Ada dua jenis daging ayam, yaitu daging ayam kampung yang dipelihara lepas oleh masyarakat dan ayam pedaging/ayam potong atau biasa disebut ayam Boiler merupakan ayam industri yang pemeliharaannya sudah menjadi industri peternakan dengan memberi makanan khusus pada ayam sehingga pertumbuhannya lebih cepat besar. Bagi pecinta daging ayam, antara daging ayam kampung dengan ayam pedaging/boiler mempunyai tekstur daging dan rasa yang agak berbeda. Baik ayam kampung maupun ayam potong/boiler atau ayam jenis apa saja mempunyai manfaat yang cukup bagi tubuh manusia.

Pada sepotong daging ayam mengandung banyak zat, vitamin dan protein yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh manusia yang mengkonsumsinya. Adapun manfaat daging ayam adalah sebagai berikut: 
  1. Daging ayam mengandung zat besi. Dalam daging ayam terkandung zat besi yang lumayan tinggi, zat besi ini bagi tubuh manusia dapat mengatasi anemia atau kurang darah. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang mengalami menstruasi atau haid, karena banyak mengeluarkan darah sehingga dengan banyak mengkonsumsi daging ayam dapat membantu mempercepat pembentuan sel darah merah.
  2. Daging ayam mengandung Vitamin B 5. Vitamin B5 ini berguna untuk mengurangi rasa stress yang terjadi pada wanita yang sedang  haid dan wanita yang sedang hamil
  3. Daging ayam banyak mengandung Mineral. Daging ayam yang dikonsumsi manusia menambah Mineral bagi yang mengkonsumsinya. membuat tubuh manusia jadi lebih kebal dan tidak rentan terhadap penyakit sehingga kita tidak mudah sakit atau flu, biasanya untuk mengatasi flu daging ayam dibuat sup ayam yang masih panas kita konsumsi.
  4. Daging ayam mempunyai kandungan Niacin. Niacin ini dapat menurunkan kadar kolesterolmembantu membasmi kanker dan menghindari kerusakan sel DNA (penyebab kanker). sehingga daging ayam ini masih aman dikonsumsi oleh mereka yang bermasalah dengan kolesterolnya. Caranya dengan makan daging ayam yang tidak berlemak dan memasaknya dengan cara digoreng atau direbus.
  5. Daging ayam mempunyai kandungan protein yang tinggi. Mengkonsumsi daging ayam dengan cara direbus dapat membantu menaikkan masa otot dan sekaligus dapat menaikan berat badan.
  6. Daging ayam mengandung kalsium dan fosfor; yang berguna bagi pertumbuhan anak yaitu membantu dan memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi. dan bagi pria dewasa mengkonsumsi daging ayam dapat meningkatkan hormon testoterone.
  7. Daging ayam dapat diolah menjadi menjadi berbagai macam menu makanan, bisa dibuat sup, rendang atau langsung dibakar menjadi sate sehingga dapat menambah nafsu makan, terutama pada anak yang susah makan yang masih banyak asupan daging ayam untuk masa pertumbuhannya.  
  8. Daging ayam banyak mengandung mineral dan vitamin, yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imun, sehingga dapat menjaga kesehatan dan menghindarkan dari berbagai serangan penyakit berbahaya.
  9. Daging ayam banyak memiliki kandungan mineral yang dinamakan Selenium, dimana zat ini daat membantu mencegah terjadinya radang sendi atau biasa disebut arthitis, terutama bagi orang yang sudah berusia lanjut.  
  10. Daging ayam mengandung Vitamin B6 yaitu vitamin B Komplek, yang berfungsi untuk mendorong enzim dan proses metabolisme tubuh , mnejaga kesehatan pembulu darah, daging ayam sebagai sumber energi dan sebagai pembakaran kalori yang cepat sehingga berat badan dapat tumbuh dan terjaga.
Itulah manfaat daging ayam bagi tubuh dan kesehatan manusia, makanya ayo banyak konsumsi aging ayam tapi yang sesuai porsinya ya untuk menghindari kolesterolnya.


2 komentar:

  1. Artikel yang bermanfaat.

    Baca artikel kesehatan lainnya di blog saya, bangfajar.com

    Terimakasih.. harap kunjungan baliknya jika ada waktu

    BalasHapus