Sabtu, 25 Juli 2015

Tips Menyimpan Sayuran di-Kulkas

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas: Agar Tetap Segar dan Tahan Lama


Tips Menyimpan Sayuran Di Kulkas Agar Tetap Segar, Tips Menyimpan Sayuran Di Lemari Es Agar Tetap Segar.Tips Menyimpan Sayuran Di Kulkas/lemari es Agar Tetap Segar dan tahan lama
Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas
Bagi ibu-ibu yang bekerja dan mungkin tidak mempunyai pembantu, biasanya belanja sayuran, bumbu dapur dan lauk tahu tempe serta daging untuk beberapa hari sekaligus; bisa untuk seminggu atau 2 minggu. Dan bisanya disimpan di lemari es/kulkas, bila punya lemari es/kulkas yang ukuran besar tidak masalah menyimpan sayuran dan daging untuk bebeapa hari; tapi bagaimana bila lemari es/kulkas yang dimiliki ukuran sedang atau bahkan lebih kecil tentu perlu tehnik cara penyusunan/penataan sayuran dan daging yang tepat agar sayuran dan bahan makanan yang sudah dibeli itu tidak rusak dan bisa tahan lama.

Berikut kami berikan tips cara menyimpan Sayuran, daging dan bahan makanan lain dalam lemarai es/kulkas agar tidak rusak, bisa tetap segar dan tahan lama.

1. Kulkas memiliki saku lemari yang terdapat dipintu; gunakan untuk menyimpan minuman, susu kotak, minuman kaleng/botol dan telur.
2. Bagian  atas atau freezer;  cocok untuk tempat menyimpan makanan hewani seperti ayam, daging dan ikan.
3. Bagian yang sangat tepat untuk menyimpan sayuran adalah bagian badan kulkas, disinilah anda harus menata sayur. Umumnya badan kulkas memiliki 4 lantai:
- Dilantai 1 (paling bawah): untuk sayur berdaun hijau
Pada lantai ini anda bisa menyimpan kelompok sayur hijau karena letaknya paling bawah dan memiliki suhu dingin yang stabil. Tempatnya seperti wadah yang berbentuk segi empat besar.
Tatalah sayur hijau hingga rapih dengan arah tidur vertikal sehingga bisa terisi banyak.
- Dilantai 2: untuk sayuran berkadar air rendah. 
Posisi ini cocok untuk menyimpan sayuran yang memiliki kadar air rendah seperti kol, wortel (buang bagian pucuknya terlebih dahulu sebelum disimpan), buncis, kacang panjang. Sayuran jenis ini pada dasarnya bisa bertahan lama walau tanpa dimasukan ke dalam kulkas. Selain itu, suhu pada lantai 2 biasanya tidak terlalu dingin karena tidak dekat dengan pendingin yang terletak di lantai 4 (lantai atas).
- Dilantai 3: untuk bumbu-bumbu masak.
Sama dengan lantai 2 bedanya suhu yang terasa mulai terasa lebih dingin untuk itu sangat pas untuk menyimpan bumbu dapur seperti bawang merah dan bumbu dapur lainnya. Jika anda memiliki stok kual kaldu, simpan lah di lantai ini karena akan lebih awet aromanya.

- Dilantai 4 (paling atas dekat frezeer) : untuk sayuran berkadar air tinggi
Kebalikan dari sayuran yang terdapat pada lantai 2 sayuran yang dimasukan biasanya mengandung kadar air tinggi, karena suhu dilantai 4 lebih dingin dari lantai lainnya. Masukkanlah sayur-sayuran seperti tomat, terong, timun, cabai, paprika, dan sayuran yang jika disimpan akan mengeluarkan air.
4. Sebaiknya sayuran dimasukkan dalam kantong atau wadah plastik terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas. Menyimpan dalam plastik berlubang justru akan lebih baik. Sayuran membutuhkan kelembaban yang cukup, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Memasukkan sayuran ke dalam kantong plastik saat disimpan di kulkas merupakan salah satu cara untuk mengurangi hilangnya kelembaban pada sayuran, sehingga tidak mudah rusak. Sebaliknya bila disimpan tanpa dimasukkan ke dalam kantong plastik, sayuran biasanya akan menjadi kering.
5. Pastikan Lemari Es/kulkas bersih dan bersuhu pas. Tempat yang tepat untuk menyimpan sayuran adalah lemari es/kulkas, dimana suhu didalamnya sejuk dan dingin. Suhu dalam lemari es/kulkas sebaiknya adalah antara 1-4 derajat celcius. Lebih tinggi dari itu dapat menimbulkan bakteri yang bisa memengaruhi rasa dan aroma makanan yang disimpan, sebaliknya bila lebih rendah dari pada itu dapat membuat makanan (sayuran yang disimpan) menjadi beku.

Semoga bermanfaat ya Bund...
BACA/LIKE/SHARE





Tidak ada komentar:

Posting Komentar